Kampanye Kickstarter Coral Island Sukses Raup Rp23 Miliar

Kabar gembira datang dari industri game Indonesia. Salah satu game buatan developer asal Yogyakarta, Stairway Games yang berjudul Coral Island berhasil mengakhiri kampanye Kickstarter-nya dengan raihan yang fantastis. Bukan hanya berhasil mencapai target awal pendanaan US$70,000 atau sekitar Rp1 miliar, namun kampanye game ini juga sukses memecahkan rekor kampanye Kickstarter game dari Indonesia dengan meraup total US$1,639 juta atau sekitar Rp23 Miliar!

Kesuksesan meraup pendanaan sebesar ini membuat Coral Island menjadi game Indonesia dengan jumlah pendanaan terbanyak di Kickstarter, jauh melampaui judul-judul Indonesia lain yang sempat menempuh jalur crowdfunding, seperti Target Acquired dari Touchten, maupun DreadOut dari Digital Happiness. Bukan hanya itu, nominal sebesar ini juga melampaui nominal pendanaan Kickstarter game-game top lain seperti The Banner Saga dari Stoic ataupun Divinity: Original Sin dari Larian Studios.

Meraup angka yang jauh lebih besar dari target awal juga membuat game ini berhasil melampaui semua target stretch goal yang dicanangkan. Termasuk stretch goal terakhir, US$1,25 juta yang akan membuat pemain bisa mengeksplorasi desa lain dengan menggunakan kapal setelah misi utamanya berakhir. Stretch goal penting lain yang sudah dilewati adalah porting ke konsol (US$300 ribu), sehingga game ini nantinya juga akan dirilis di PS4, Xbox One dan Nintendo Switch selain di PC.

Coral Island adalah usaha dari Stairway Games untuk membangkitkan nostalgia gameplay simulasi bercocok tanam yang dulu dipopulerkan oleh Harvest Moon. Di game ini, pemain bisa bercocok tanam, berinteraksi dengan warga desa, sembari membangun keluarga. Selain itu, Coral Island juga membawa pesan untuk menjaga lingkungan, dimana pemain diharuskan untuk menjaga batu karang yang ada di lautan. Semakin banyak karang yang dirawat, maka akan semakin banyak biota laut yang bisa ditemukan.

Menurut rencana, Coral Island akan mulai dirilis untuk PC di kuartal keempat tahun 2021 nanti. Gamer yang ingin mengikuti perkembangan proses development game ini bisa bergabung di server Discord resminya, serta wishlist game-nya di Steam.

Previous
Previous

Program Game Talent Indonesia Diluncurkan, Siap Bantu Percepat Link and Match antara Dunia Pendidikan dengan Industri

Next
Next

Coffee Talk dari Toge Productions Masuk Nominasi DICE Awards 2021