SocialPeta Rilis Laporan Industri Game Mobile untuk Semester Pertama 2022

Perusahaan-perusahaan game besar masih berkutat dalam persaingan ketat sementara sebagian perusahaan game kecil mulai membuat kemajuan yang stabil. Apa yang sedang terjadi di industri game mobile pada semester pertama tahun 2022? Jawabannya ada di dalam "White Paper Pemasaran Game Mobile Semester Pertama 2022" dari SocialPeta. Isi dari laporan ini akan memberikan Anda wawasan berharga terutama sebagai strategi bagi produk Anda untuk bersiap memasuki pasar global.

White Paper ini adalah integrasi semua wawasan industri dari puluhan perusahaan terkait termasuk Snapchat, Chartboost, Liftoff, Vungle, Udonis, Mobidictum, dan GameFactory. Ini akan memberikan Anda analisis dan data yang tepat dari industri game mobile pada semester pertama tahun 2022 ini dan dengan perkiraan tren masa depan berdasarkan data pemasaran mobile secara global, pengamatan pada wilayah populer, channel iklan yang tepat, biaya anggaran iklan, dan analisis pemasaran pada game mobile terpopuler.

1.GAMBARAN UMUM DATA PASAR PERIKLANAN: TOTAL MATERI IKLAN GAME MOBILE MENGALAMI PENURUNAN HAMPIR 30% SEMENTARA PADA GAME MOBILE KATEGORI RINGAN MENGALAMI PENINGKATAN DARI TAHUN KE TAHUN

Pada bulan Januari tahun ini, jumlah total pengiklan aplikasi mobile secara global turun ke titik terendah sepanjang masa yaitu 83.400, dengan pengiklan dari sektor game mobile sekitar 22,65%.

Pada semester pertama 2022 terdapat total 15,8 juta materi iklan game mobile, di mana telah mengalami penurunan hampir 30% dari tahun ke tahun. Berdasarkan data per-wilayah, hanya pada Oceania dan Eropa yang dilaporkan terjadi penurunan jumlah pengiklan, sedangkan semua wilayah lainnya mengalami peningkatan jumlah pengiklan, terutama peningkatan signifikan dalam pengiklan di pasar Tier-2 & Tier-3.

Pada semester pertama 2022, jumlah pengiklan game genre kasual menyumbang 26,03% dari total pengiklan, naik 4,7% tahun ke tahun. Dan dengan masa pandemi yang mulai terkendali secara bertahap, sebagian besar game mobile hardcore menurun dalam persentase. Pengiklan game genre RPG yang biasa berada diperingkat ketiga terbanyak pada periode yang sama tahun lalu menjadi peringkat kelima tahun ini, berada di bawah game genre Simulasi dan Action.

2. ANALISIS PASAR DOMESTIK: PENGIKLAN GAME MOBILE GENRE HYPER-CASUAL DAN PUZZLE MENYUMBANG LEBIH DARI 40% DI AS

Pada bagian kedua dari White Paper ini akan berfokus pada gambaran pemasaran game mobile di negara/wilayah populer di seluruh dunia seperti China, Hong Kong, Makau, Taiwan, AS, Jepang, Korea Selatan, Turki, Asia Tenggara, dan wilayah lainnya.

Sebagai contoh, di AS, pengiklan game genre hiper-kasual dan puzzle menyumbang persentase tertinggi yakni lebih dari 40%. Dalam jumlah total materi iklan berdasarkan genre game, maka game genre hardcore memiliki materi iklan terbanyak.

Dalam kasus jumlah download, game hiper-kasual dan game mobile berbasis IP game PC relatif luar biasa, terutama [Diablo Immortal] dan [Apex Legends Mobile]. Dalam hal jumlah revenue, game match-3 dan SLG meraih jumlah yang tinggi.

3. INFO ANGGARAN: ADA KOMPETISI SENGIT DALAM PERIKLANAN SECARA GLOBAL, DAN PASAR AS MEMILIKI BIAYA IKLAN PALING TINGGI.

Biaya iklan game mobile akan terus meningkat, dengan CPM rata-rata $19,31, naik 18% dari bulan ke bulan; rata-rata CPC $2,57 turun 3% dari bulan ke bulan; dan rata-rata CTR 1,48%, naik 7% bulan ke bulan.

Di antara semua negara/wilayah, AS memiliki biaya iklan tertinggi untuk game mobile, dengan CPM rata-rata $27,54, CPC $4,22, dan CTR 1,16%. Selain AS, CPM juga melampaui $25 di 5 negara / wilayah antara lain Australia, Jepang, Hong Kong (China), dan Korea Selatan.

4. TREN MATERI IKLAN: TEMA KASUAL ADALAH KUNCI KEBERHASILAN SUATU MATERI IKLAN. GAYA PERMAINAN YANG MUDAH LEBIH MENARIK BAGI PARA GAMER KEBANYAKAN.

● Game Strategi: materi iklan akan menunjukkan gameplay yang ringan, membuatnya tampak mudah untuk dimainkan sehingga bisa menarik lebih banyak penonton untuk mengunduh game.

Materi iklan yang dirilis pada semester pertama 2022 biasanya dirancang dengan menonjolkan alur permainan yang ringan, dengan tujuan mencoba menarik lebih banyak gamer.

5. TREN INDUSTRI GAME MOBILE

● Game seluler dengan anggaran tinggi / berkualitas tinggi sedang berkembang yang nantinya akan membuka era baru game mobile

Pada semester pertama tahun 2022, Activision mengumumkan bahwa "Call of Duty: Warzone" akan dikembangkan menjadi versi mobile AAA baru. Apple juga memilih game mobile " Genshin Impact" untuk mendemonstrasikan performa perangkat barunya pada acara peluncuran produk baru musim ini, dan game tersebut dikategorikan sebagai " Game AAA" di file presentasi mereka. Ke depannya mungkin akan ada lebih banyak lagi perusahaan game besar yang mengumumkan rencana mereka untuk membuat game mobile AAA, yang berfokus untuk membawa pengalaman gaming di PC ke ponsel.

● Game mobile genre ACGN sedang berkembang dan mematangkan diri untuk menjadi sensasi di seluruh dunia

"Genshin Impact" terus menjadi yang teratas di antara semua game seluler global. Pada hari pertama setelah dirilis, versi Jepang "Arknights" menduduki puncak tangga lagu Game Gratis App Store, dan acara dalam gamenya diterima dengan baik. Menurut TapTap versi Cina, ada lebih dari 145 game yang diberi label elemen "ACGN" dan rencananya akan dirilis..

● Ada sejumlah 39% gamer menginginkan fitur metaverse

Menurut "Mobile Insights Report 2022" yang dirilis oleh Google, ada 39% gamer yang diwawancarai berharap dapat melihat metaverse digunakan sebagai teknologi baru dalam game. Menurut SocialPeta, Generasi Z adalah audiens utama metaverse dan dapat menerima game metaverse dengan lebih cepat.

Kesimpulannya, data keseluruhan dalam laporan ini mencakup hampir 70 negara / wilayah di seluruh dunia, dengan lebih dari 70 platform pemasaran mobile di seluruh dunia dan total lebih dari 1,2 miliar materi iklan pemasaran mobile. Silakan klik di sini untuk mendapatkan White Paper versi lengkap, dan jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang industri game mobile di semester pertama tahun 2022 sehingga bisa memahami secara komprehensif perubahan tren pasar game mobile secara keseluruhan.

Untuk laporan selengkapnya, dapat diunduh di sini.

Previous
Previous

Women At Play: A Networking Event for Women in Gaming

Next
Next

Tanggapan AGI Terkait PSE