/// Musyawarah Nasional AGI 2019

06 Aug / 2019
Author: ketuaharian Tags: There is no tags Comments: 0

Bookmark and Share

Jakarta, 13 Juli 2019 – Musyawarah Nasional AGI dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta, bertepatan dengan acara Game Prime 2019. Dihadiri oleh dewan pengurus, anggota inti AGI, dan tamu undangan Deputi Infrastruktur BEKRAF, Bapak Hari Sungkari, munas yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 15.30 ini antara lain memaparkan hasil kerja dan program-program masa kepengurusan 2016-2019 serta pemilihan umum untuk menentukan Ketua AGI masa jabatan 2019-2024.

Selama masa kepengurusan 2016-2019 salah satu program AGI yang rutin berjalan adalah pelaksanaan acara-acara untuk mempersatukan para pelaku industri game di tempat dan waktu yang sama.

  • BEKRAF Developer Day (BDD) telah merambah lebih dari 20 kota di Indonesia, membawa pembicara profesional untuk berbagi ilmu dengan puluhan ribu peserta yang baru memulai di industri game.
  • ARCHIPELAGEEK membawa produk-produk game unggulan dari Indonesia ke pasar dunia seperti Amerika melalui Game Connection, Jepang melalui Tokyo Game Show, dan Jerman melalui Gamescom, membuka jendela dan wawasan bisnis para pesertanya untuk menumbuhkan usaha mereka secara
  • BEKRAF Game Prime (BGP) meleburkan pelaku industri dengan masyarakat luas di satu acara masif yang dihadiri oleh lebih dari 25.000 orang. Acara ini mengadvokasi bahwa game bukan sesuatu yang berbahaya dan perlu dihindari, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki game-game buatannya sendiri yang layak dibanggakan, dan membuktikan bahwa game memiliki kekuatan untuk mempersatukan teman, keluarga, dan orang asing melalui bermain bersama.
  • Global Game Jam (GGJ) merupakan acara marathon membuat game selama 2 hari, yang dilaksanakan setiap tahun secara serentak di belasan kota di Indonesia bersamaan dengan kota-kota lain di dunia. Umumnya diikuti oleh para pemula di industri game atau siswa / mahasiswa, GGJ memberikan kesempatan untuk orang-orang dengan kemampuan dan disiplin ilmu yang berbeda-beda untuk berkenalan dan bekerjasama menyatukan visi dan membuat satu produk game

 

1

Suasana Business Day di BEKRAF Game Prime 2018

Selain melaksanakan acara-acara besar, AGI juga mengadvokasi dan mengarahkan pemerintah untuk memaksimalkan dukungan mereka pada industri game.

  • Ruang Aksi Game Indonesia (RAGI) yang berlokasi di Block71, Jl. H. Djuanda no.108 Bandung merupakan co-working space khusus pelaku industri game. Dengan harga yang sangat kompetitif dan fasilitas yang mumpuni untuk mengembangkan produk game, RAGI diharapkan menjadi lokasi bertemunya para pelaku industri agar dapat menumbuhkan kolaborasi dan pertukaran ilmu.
  • Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) merupakan program kompetisi yang memberikan dukungan finansial pada badan usaha untuk meningkatkan luaran dan penghasilan usahanya secara eksponensial. Dimulai sejak 2017, hingga saat ini sudah lebih dari 1,2 Miliar Rupiah disalurkan kepada badan usaha pelaku industri game yang tepat melalui proses kurasi yang didukung oleh AGI.
  • AKATARA adalah program yang diusung oleh BEKRAF dan Badan Perfilman Indonesia (BIP) untuk mempertemukan pembuat film dengan Antara lain melalui advokasi AGI, di tahun 2019 Akatara membuka diri kepada peserta non-produksi film, antara lain pengembang game, untuk ikut serta dan bertemu calon-calon investor untuk produk mereka.
  • Advokasi Game Design ITB dimaksudkan untuk menjadi percobaan format pengajaran mata kuliah yang efektif menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri game. AGI memberi saran dan masukan dalam mendesain kurikulum mata kuliah ini, dan selama 2 tahun percobaan terlihat perkembangan yang signifikan dalam kualitas hasil karya mahasiswa-mahasiswanya.

 

11
Sosialisasi Bantuan Insentif Pemerintah tahun 2018

Selain pemaparan hasil kerja dewan pengurus masa jabatan 2016-2019, pada munas ini pun diadakan pemilihan umum untuk menentukan Ketua Umum AGI masa jabatan 2019-2024. Panitia pemilihan ini adalah tiga orang anggota dewan pengurus sebelumnya, yaitu Adam Ardisasmita, Frida Dwi, dan Arief Widhiyasa. Dalam pemilihan ini terdapat dua Calon Ketua Umum, yaitu Yosy Revaleo dari Skyegrid dan Cipto Adiguno dari Agate.

Yosy Revaleo mengusung inisiatif untuk memperluas jaringan game developer Indonesia, salah satunya melalui sayembara membuat game, sebagai salah satu rencana kerja utamanya. Yosy pun menekankan bahwa ini mengembangkan ekosistem adalah salah satu visi utama perusahaan yang ia rintis, Skyegrid. Kesamaan visi ini memastikan bahwa perhatiannya tidak akan terbagi, karena keduanya saling mendukung.

Di sisi lain, Cipto Adiguno berpendapat bahwa industri game Indonesia hanya memiliki dua masalah utama, yaitu investasi dan kualitas talent. Ia mengatakan bahwa selama ini keduanya merupakan isu yang saling berkaitan dan dalam rantai telur-dan-ayam. Cipto mengusung inisiatif bahwa bila ia terpilih, harapannya dalam masa kepengurusan adalah menyelesaikan salah satu dari kedua masalah tersebut dan memutus rantai, agar industri bisa berkembang ke depannya.

Setelah sesi tanya-jawab singkat, para Anggota Inti memilih secara rahasia. Hasil pemilihan pun menyatakan bahwa Cipto Adiguno terpilih sebagai Ketua Umum AGI masa jabatan 2019-2024. Narenda Wicaksono menyerahkan plakat bertuliskan logo AGI sebagai penyerahan simbolik atas jabatan Ketua AGI.

 

111
Penyerahan plakat simbolis dari Ketua AGI 2016-2019 kepada Ketua AGI 2019-2024

 Adanya perbedaan panjang masa jabatan antara Narenda dan Cipto disebabkan karena adanya perubahan AD/ART AGI di tahun 2017, yang menyatakan bahwa masa jabatan Ketua adalah 5 tahun. Namun, kepengurusan 2016-2019 dibentuk sebelum perubahan tersebut, di mana masa jabatan masih mengikuti ketentuan yang lalu yaitu 3 tahun.



Copyright ©2013 Asosiasi Game Indonesia. All rights reserved.